Teknologi Masa Kini dan Mendatang

Teknologi Masa Kini dan Mendatang

TEKNOLOGI

Teknologi adalah keseluruhan sarana untuk menyediakan barang-barang yang diperlukan bagi kelangsungan dan kenyamanan hidup manusia.

Perkembangan teknologi pada saat ini sangat pesat sekali terutama teknlogi di bidang informasi komunikasi.baik dari sisi kecepatan maupun kemudahan masyarakat dalam mengakses informasi yang dibutuhkan juga semakin berkembang. teknologi informasi dan teknologi ini sangat penting sekali bagi suatu negara apalagi bagi negara yang berkembang. Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi di Indonesia saat juga tidak kalah pesatnya di banding dengan Negara Negara lain. Komunikasi yang dahulu identik dengan penggunaan kabel pun mulai ditinggalkan. Untuk mengakses informasi secara cepat, kini manusia tidak lagi bergantung pada teknologi ‘kabel’. Sebagai gantinya, jaringan nirkabel (tanpa kabel) kini telah menggeser peranan jaringan berkabel.

Teknologi Masa Kini Yang Mungkin Digunakan Di Masa Depan

1. Personal Computer (PC)
Mungkin banyak orang beranggapan PC adalah barang yang sudah tidak dapat diandalkan. Namun hal ini salah, justru PC adalah alat yang paling sangat membantu untuk menyelesaikan pekerjaan anda. Karena PC mempunyai privasi yang aman, selain itu PC mempunyai daya tahan yang lebih lama dari gadget apapun.

2. Wifi
Sejak 1997 wifi ditemukan sudah banyak yang mengembangkan teknologi ini. Sehingga sekarang notebook, PC< smartphone, bahkan Televisi sudah dapat terkoneksi dengan adanya Wifi ini. Walaupun sudah banyak smartphone yang sudah menggunakan teknologi LTE, namun anda akan tetap membutuhkan Wifi.

3. Email
Email sejak ditemukan sudah memiliki manfaat yang luar biasa. Sehingga, diprediksikan Email akan tetap bermanfaat dan tetap digunakan di masa depan. Karena dengan email, kita dapat memberi informasi ataupun surat secara cepat kepada orang lain.

Teknologi Masa Mendatang

TEKNO

Berbicara tentang teknologi di masa yang akan datang, berarti akan cenderung membahas kemungkinan perkembangan dari teknologi terbaru, baik itu berupa “ide baru” ataupun hasil dari perubahan, perbaikan dan improvisasi dari apa yang kita lihat saat ini. Termasuk dalam hal ini adalah konsep yang sudah lama namun masih dalam bentuk ‘prototipe’ yang belum bisa dinikmati hasilnya secara keseluruhan. Umumnya, teknologi masa depan sangat erat kaitannya dengan roadmap dari perusahaan, dari berbagai sektor industri, yang biasanya langsung tertuju pada kebutuhan manusia itu sendiri.

Berikut ini merupakan daftar beberapa teknologi untuk 5 hingga 50 tahun kedepan, yang meliputi bidang; sumber energi, pesawat udara, kota impian, rumah masa depan, mobil, sepeda motor, komputer, gadget, teknologi medis, dan lain sebagainya.

  • Mobil Terbang

Kira-kira apa teknologi untuk mobil masa depan? Apapun itu, mobil masa depan akan didukung oleh bahan bakar selain minyak bumi. Saat ini, mobil Biofuel sudah ada di showroom dan yang dijual di pasar terbuka. Honda juga menjual kendaraan gas alam terkompresi disebut Civic GX.

Mobil masa depan akan datang dengan daya listrik, hidrogen, biofuel, bahan bakar sintetis dan paling tinggi harapan akan menggunakan teknologi nuklir. Selain bahan bakar, teknologi mobil pintar juga sudah lepas landas. Beberapa tahun yang lalu GPS adalah teknologi masa depan, sekarang ini adalah berita lama. Dengan gabungan teknologi GPS, internet dan komputer, kendaraan bisa parkir sendiri, mendeteksi lalu lintas dan bahkan bisa mengambil manuver untuk mengelak. Sementara yang sedang diuji adalah mobil yang berkomunikasi dengan sinyal lalu lintas dan juga komunikasi dengan kendaraan lainnya.

Pada pameran mobil besar, beberapa desain atau disebut “konsep kendaraan”. Banyak dari desain ini, menunjukkan bahwa mobil masa depan akan memperhatikan aerodinamis dan diproduksi dengan jejak karbon nol. Hal ini baru saja kita lihat baik pada acara CES 2015 ataupun Auto Show seperti CIAS dan Detroit. Satu contoh yang menarik adalah Mercedes-Benz F015. Mobil masa depan tahun 2030 ini diklaim mampu digeber hingga 0-62mph dalam 6.7 detik. Mobil tersebut akan membuat Anda duduk dan berbincang-bincang dengan keluarga, dan ketika ada sesuatu di depan baik pejalan kaki ataupun pohon tumbang, maka dengan sendirinya mobil akan berhenti.

Sekarang ini, Honda dan produsen lain sedang membangun mobil menggunakan biofabrics. Tubuh serat karbon akan digantikan oleh badan biofiber, lebih tangguh daripada baja namun cukup fleksibel untuk menyerap dan mendistribusikan energi selama crash.

Mobil masa depan akan kurang rentan terhadap crash juga karena banyak kegiatan mengemudi akan otomatis dan dikoordinasikan dengan komunikasi antar kendaraan, lampu jalan, tanda-tanda peringatan, satelit, internet dan transmisi digital, jaringan dan komputer. Mobil masa depan juga akan lebih aman, karena dampak laju mobil akan terdeteksi dan dapat dihindari seperti misalnya ada kendaraan di depan berhenti ada pohon di depan, ada pejalan kaki, pengendara sepeda atau bahaya jalan lainnya.

Lebih jauh sekitar 30 hingga 50 tahun kedepan, manusia akan menikmati adanya mobil yang bisa terbang. Tentu saja hal ini sudah dilakukan ujicoba, dan terus dikembangkan. Bahkan sudah dijual walaupun itu belum sempurna.

Teknologi masa depan mobil terbang

Seperti yang Anda lihat, ini adalah mobil terbang TF-X akan berjalan pada motor listrik didukung oleh kemasan baterai dalam mode hybrid, dengan energi yang dihasilkan dari turbin. Mobil dapat melakukan perjalanan 500 mil sampai dengan 200 mil per jam dan akan dilengkapi dengan parasut untuk setiap kebutuhan pendaratan darurat. Rencana masih cukup baru dan tidak akan benar-benar diproduksi, beberapa menyebutkan akan siap 8-10 tahun lagi, sumber lain menyebutkan akan dijual ke publik 15-30 tahun kedepan dengan perkiraan harga rata-rata $ 280.000.

Bus kini sedang diuji di California Utara, kendaraaan itu akan mengikuti magnet yang ditanamkan di jalan raya dan berjalan tanpa driver (pengemudi), bus tersebut bekerja secara otomatis, bergerak sepanjang rute yang diberikan.

Referensi:

http://muhamad-priliansyah.blogspot.com/2012/10/teknologi-sekarang-dan-masa-depan.html

http://www.aingindra.com/teknologi-masa-kini.html

http://ashimima.com/teknologi-masa-depan-5-sampai-50-tahun/

Tinggalkan komentar